Asosiasi Rope Access Indonesia - Peraturan Menteri K3 Bekerja Pada Ketinggian

Detil Berita

Peraturan Menteri K3 Bekerja Pada Ketinggian

Saat ini sedang digodok draft Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenarktrans) tentang Pedoman K3 Bekerja pada Ketinggian. Draft Permenakertrans sudah bereda luas di kalangan profesional bekerja pada ketinggian. ARAI pun telah memungkinkan pengunjung untuk langsung mendownload di link ini.

Esensi dari draft tersebut adalah akan adanya satu peraturan yang komprehensif untuk K3 bekerja pada ketinggian, jauh lebih lengkap dari SK Dirjen PPK No. 45 tahun 2008 yang hanya mencakup Kerja pada Ketinggian menggunakan metode Akses Tali.

Dengan akan adanya aturan setingkat menteri maka aturan teknis bekerja pada ketinggian menjadi suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi oleh pengusaha atau pekerja. Aturan tersebut juga akan menjadi alat bedah yang cukup obyektif untuk menentukan sebab dari suatu kejadian yang terjadi dalam suatu akitiftas bekerja pada ketinggian, tentunya hal ini akan mempermudah pihak berwajib dalam menentukan apa atau siapa yang salah dalam suatu kejadian terutama yang merenggut jiwa manusia.

28-02-2011|Tulis Komentar|Share

Komentar-komentar


Adi Firmansyah (18-07-2014): Bp/Ibu pengurus/anggota ARAI, mohon info untuk cantact person dari organisasi ARAI ? Perusahaan kami ingin berdiskusi untuk program akses rope di perusahan kami. terima kasih
Ririn Charmelitha Bu (07-12-2011): Bagaimana cara member untuk club ini, terima kasih
M Abdulah (31-03-2011): Patut diberi jempol dua buat temen-temen yang udah berusaha utk menciptakan lingkungan kerja pada ketinggian yang aman. Salam safety first!